Membahas Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa secara lengkap dari jurnal umum sampai laporan kuangan perusahaan jasa

CARA MENYUSUN NERACA SALDO DALAM AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA

Dalam blog belajar akuntansi jasa ini, telah dibahas tentang deskripsi neraca saldo perusahaan jasa dalam artikel akuntansi jasa sebelumnya, pada artikel ini blog ini akan membahas cara menyusun neraca saldo perusahaan jasa.



Neraca saldo merupakan bagian dari rangkaian tahap dalam siklus akuntansi, neraca saldo disusun setelah proses pembuatan buku besar.

Dengan menjadikan buku besar sebagai input maka neraca saldo dapat disusun, dengan kata lain neraca saldo disusun berdasarkan data yang ada dalam buku besar.

Untuk dapat Menyusun neraca saldo dengan tepat sebenarnya tidaklah sulit, karena pada dasarnya menyusun neraca saldo hanyalah kegiatan memindahkan saldo total setiap akun buku besar ke dalam suatu daftar yang berisi empat buah kolom yang disebut neraca saldo.

Selengkapnya tentang tahap-tahap penyusunan neraca saldo silahkan pahami langkah berikut ini:

4 Tahapan dalam membuat neraca saldo dengan tepat

1) Menyipakan format neraca saldo yang terdiri dari 4 kolom, yaitu kolom kode akun atau nomor akun, kolom nama akun, kolom debit dan kolom kredit.

2) Lihat dan amati buku besar buku besar dari setiap akun yang telah dibuat pada periode berjalan.

3) Setelah anda menyiapkan format neraca saldo dan telah mengamati buku besar yang ada dalam perusahaan dalam periode berjalan,

maka anda mulai dapat membuat neraca saldo dengan memindahkan data-data yang ada dalam buku besar yaitu nomor atau kode akun, nama-nama akun buku besar, serta jumlah total saldo buku besar ke dalam neraca saldo.

Pindahkanlah data-data tersebut secara sistematik atau urut berdasarkan nomor kode akun terkecil hingga nomor kode akun yang besar atau dimulai dari kode akun untuk harta kemudian dilanjutkan kode akun untuk hutang, hingga pada kode akun untuk golongan beban.




4) Jumlahkanlah saldo debit dalam neraca saldo dan jumlahkan pula saldo kredit dalam neraca saldo, dengan dihasilkannya jumlah total saldo debit dan jumlah total saldo kredit dalam neraca saldo, maka selesailah tahap penyusunan neraca saldo.

Neraca saldo yang sudah benar menurut ilmu akuntansi adalah neraca saldo yang menunjukan total saldo debit dan total saldo kredit yang balance atau sama jumlahnya.  Untuk menggambarkan tahap-tahap penyusunan neraca saldo ini maka silahkan amati pula gambar berikut ini :

Teknis Penyusunan neraca saldo secara visual


proses penyusunan neraca saldo perusahaan jasa

Gambar yang anda amati di atas adalah proses penyusunan neraca saldo sebagian saja, karena hanya melibatkan buku besar kas dan buku besar perlengkapan, dalam penyusunan neraca saldo sesungguhnya anda harus menyusun neraca saldo dari semua buku besar yang ada telah dibuat perusahaan dalam periode berjalan. Semoga dengan gambar di atas anda dapat lebih yakin dalam menyusun neraca saldo perusahaan jasa

Kesimpulan
Penyusunan neraca saldo dilakukan atas dasar data-data yang ada dalam buku besar, oleh karena itu neraca saldo disusun setelah pembuatan buku besar. Setelah penyusunan neraca saldo maka tahap dalam siklus akuntansi berikutnya adalah pembuatan jurnal penyesuaian, untuk itu silahkan anda simak dahulu tentang konsep jurnal penyesuaian dalam akuntansi. Semoga artikel ini dapat menjadi sumber referensi bagi anda dalam belajar akuntansi jasa, selamat belajar menyusun neraca saldo.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : CARA MENYUSUN NERACA SALDO DALAM AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA

0 komentar:

Post a Comment